10 Game Nintendo Klasik Terbaik Sepanjang Masa

Jumat, 27 Mei 2016

 10 Game Nintendo Klasik Terbaik Sepanjang Masa

 Nintendo adalah sebuah konsol permainan yang sangat populer di seluruh dunia pada akhir tahun 80-an hingga pertengahan tahun 90-an.  Di Indonesia, mesin ini dulu terbilang sebagai permainan "mewah" yang biasanya dimiliki oleh anak-anak orang kaya.  Kali ini, Wikugame akan sedikit mengajak anda bernostalgia dengan memberikan daftar sepuluh game Nintendo terbaik di dunia.

Siapa yang menyangka, permainan-permainan yang disajikan dalam grafis 2 dimensi yang sangat sederhana ini pada akhirnya mampu berubah menjadi game super canggih dengan grafis memukau.  Jika anda ingin bernostalgia, langsung saja download NES emulator dan cobalah untuk memainkan judul-judul berikut:

10.  Contra III: The Alien Wars




Dirilis pada tahun 1992, Contra adalah sebuah game petualangan yang paling populer pada masanya.  Disajikan dalam grafis dua dimensi yang sangat sederhana, Contra III menyajikan sebuah perjalanan tokoh utama yang sedikit menyerupai Rambo dalam membasmi alien serta robot-robot jahat yang menyerang bumi.

Konsep permainan ini cukup simpel.  Maju dari satu level ke level lain, kumpulkanlah power-up yang bisa membuat pistol anda makin mematikan, dan lawan boss di setiap level yang memiliki bentuk unik dan lebih susah dikalahkan.

9.  The Legend of Zelda: A Link to the Past



Tak mungkin kita menyebut nama Nintendo tanpa membahas soal Legend of Zelda.  Franchise game ini hingga sekarang menjadi salah satu yang paling sukses di dunia.  A Link to the Past serial Zelda yang disajikan dengan sangat apik dan unik, kombinasi antara petualangan dua dimensi dan sedikit pemecahan puzzle.

Jangan salah, sosok Link yang menjadi tokoh utama dalam game ini belumlah seperti sekarang.  Ia tampak seperti sosok kurcaci gemuk dengan kaki dan tangan yang sangat pendek.  Namun grafis yang seadanya tidak akan mengurangi keasyikan anda dalam memainkan game ini.

8.  Aladdin



Jauh sebelum serial Prince of Persia dan Assassin's Creed, sudah ada petualangan Aladdin yang juga gemar bergelantungan dari satu bangunan ke bangunan lainnya.  Tujuan Aladdin saat itu hanya satu, menyelamatkan Putri Jasmine dari cengkeraman Jafar si penyihir jahat.  Dalam petualangannya, Aladdin akan dibantu oleh jin lampu berwarna biru yang sangat kocak.

Pada zamannya, game Aladdin bisa dibilang memiliki grafis yang bagus.  Permainan ini benar-benar tampak mirip dengan versi filmnya yang juga cukup laris di pasaran.  Jangan salah, menamatkan Aladdin jauh lebih memuaskan daripada menyelesaikan game Assassin's Creed III, karena level kesulitannya yang lebih menantang.

7.  Zombies Ate My Neighbors



Serial ini juga salah satu game zombie pertama kali yang dibuat, sebelum kita mengenal serial Resident Evil yang mengawali booming game-game zombie dalam dua dekade selanjutnya.  Di sini anda berperan sebagai seorang tokoh berambut kuning dengan gaya rocker, yang bertugas menyelamatkan para survivor dari serangan zombie.

Musik yang asyik, gameplay yang sederhana namun menegangkan membuat Zombie Ate My Neighbor layak dimasukkan ke dalam daftar 10 game Nintendo terbaik sepanjang masa.  Walaupun sama sekali tidak menakutkan, permainan ini sangat menghibur bagi siapapun.

6.  Street Fighter Alpha II



Berbicara soal game fighting terbaik untuk konsol Nintendo, Street Fighter Alpha II bisa disebut sebagai judul terbaik.  Permainan ini dirilis pada tahun 1997, pada akhir masa kejayaan Nintendo yang sudah mulai digeser posisinya oleh konsol Sony PlayStation.  Kualitas permainan yang sangat baik membuatnya layak disebut sebagai salah satu judul Street Fighter paling asyik dimainkan.

Secara grafis, game ini bisa disamakan dengan game fighting dua dimensi yang dirilis untuk konsol PSX, seperti Marvel vs Capcom atau Pocket FighterStreet Fighter Alpha II dianggap sebagai salah satu persembahan terakhir yang manis yang diberikan oleh Nintendo untuk penggemar setianya.

5.  International Superstar Soccer



Tak banyak yang mengetahui bahwa International Superstar Soccer adalah cikal bakal dari Winning Eleven dan Pro Evolution Soccer yang dibuat oleh KONAMI.  International Super Soccer dirilis ke pasaran beberapa saat setelah demam World Cup 1994 melanda Amerika Serikat, dan terbukti permainan ini cukup menghibur.

Dengan grafis dua dimensi, komentar seadanya, dan hanya ada sorak-sorai penonton saat anda bermain; game ini terlihat cukup memukau pada masanya.  Ada berbagai negara yang bisa anda mainkan dalam game ini, walaupun nama-nama pemainnya adalah nama fiktif alias tidak asli,

4.  Harvest Moon



Jika kita bandingkan Harvest Moon versi Nintendo dengan game-game Harvest Moon terbaik saat ini, sudah jelas kualitasnya sangat berbeda jauh.  Namun jangan salah, permainan yang dirilis pada tahun 1997 tersebut adalah salah satu pelopor game simulasi pertanian pertama di dunia.  Kesuksesannya terbilang luar biasa, mengingat mereka menawarkan sebuah konsep baru yang sebelumnya belum pernah ada.  

Gabungan antara unsur simulasi dan RPG membuat permainan ini mendapat sambutan positif dari pasar.  Tak selang berapa lama, Natsume pun merilis judul Harvest Moon: Back to Nature dengan grafis dan gameplay yang jauh lebih baik, yang membawa franchise ini menuju kejayaan.

3.  Super Mario Bros.



Super Mario adalah karakter yang merupakan ciri khas konsol Nintendo.  Sosok tukang pipa berkumis dari Italia ini juga menjadi salah satu ikon terbesar dalam sejarah dunia video game.  Petualangannya dalam membebaskan Princess Peach dan melawan berbagai monster fantasi seolah tak pernah lekang ditelan zaman.

Super Mario Bros. yang dibuat untuk konsol Super Nintendo dianggap sebagai salah satu judul Mario terbaik yang pernah dibuat sepanjang masa.  Hingga kini, terhitung sudah ada ratusan game Mario yang dirilis untuk mesin-mesin Nintendo seperti N64, GameCube, dan Wii.

2.  Chrono Trigger



Salah satu faktor yang membuat Chrono Trigger layak disebut sebagai game Nintendo terbaik sepanjang masa adalah karena campur tangan Akira Toriyama sebagai desainer karakter.  Akira Toriyama sendiri adalah ilustrator manga Dragon Ball, sebuah serial yang sampai saat ini masih terus menerus diputar di televisi.

Chrono Trigger berkisah tentang petualangan seorang anak bernama Chrono dalam mengarungi dua dimensi waktu yang berbeda.  Sampai sekarang, jalan cerita dalam Chrono Trigger dianggap sebagai salah satu cerita terbaik dalam dunia game RPG.

1.  Final Fantasy



Tak ada yang menyangka permainan sederhana yang dirilis oleh Square pada tahun 1990 ini akan menjadi bibit dari franchise Final Fantasy yang popularitasnya saat ini begitu mendunia.  Setelah sempat dianggap tak akan sukses di pasar Amerika, terjadi penundaan selama kurang lebih tiga tahun sebelum versi Inggris game ini resmi dirilis di pasaran.

Konsep petualangan menyelamatkan dunia, monster-monster keren, kemampuan menggunakan magic dan merekrut karakter lain membuat Final Fantasy mendapat sambutan positif dari penggemar game seluruh dunia.  Keberhasilannya berlanjut, dan sejauh ini sudah kita bisa menemukan serial ke-14 Final Fantasy yang dibuat dalam format game online.  Tak hanya itu, film animasi dari franchise Final Fantasy juga sudah beberapa kali dirilis di layar lebar.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar